Monday, January 29, 2007

Be Computerized!

Satu hal yang sangat saya sukai di dunia ini. Komputer! Betul, barang ajaib ini sudah saya anggap sebagai istri kedua saya. Saya mendapatkan komputer pertama saya ketika duduk di bangku SMP kelas 2. Komputer 386SX dengan memory 8 MB dan harddisk bagong 40MB seharga 200k. Mau informasi yang lebih jelek lagi? Monitornya CGA! Windows 3.xx aja gak bisa dijalanin..

Tapi, saya sangat bersyukur karena pertama kali saya punya komputer tidak langsung terjun ke Windows, tapi DOS, karena dengan itu saya tidak mengenal komputer pertama kali untuk bermain game, tapi untuk membuat program (Spec-nya terlalu jelek untuk main game!). Bahkan saya sempat lebih suka menggunakan NC (Norton Commander dengan layar biru khasnya) daripada Explorer Win95 di kantor paman saya. Karena bermain game nggak memungkinkan, akhirnya saya beralih menuju jalan yang ternyata jauh lebih mengasyikkan daripada main game. Pemrograman.

Bahasa yang pertama kali saya kenal, seperti kebanyakan orang, adalah BASIC. Tepatnya QBASIC. Program pertama saya adalah, tentu saja "Hello World!" yang sangat terkenal. Perasaan saya waktu itu ketika melihat tulisan legendaris itu, hasil "keringat, darah dan air mata" sendiri, benar-benar tak tergambarkan. Bagaimana tidak, semua program yang ada dan sudah jadi, kita mau nggak mau harus menerima tampilan yang seperti itu. Sekarang, semua kendali berada di tangan saya.

Seiring dengan berjalannya waktu, saya mulai mengenal bahasa Pascal. Compilernya TP7. Semenjak saat itu, saya mulai malas untuk ngelirik BASIC lagi. Lha, gimana nggak malas kalau sudah menemukan bahasa yang lebih baik lagi? Saya merasa bahwa Pascal jauh lebih terstruktur dan terorganisir, sehingga untuk pengembangannya lebih jelas. Memang sih dalam beberapa kasus kode BASIC yang harus dituliskan lebih sedikit daripada Pascal untuk output yang sama. Namun saya sadar bahwa Pascal terutama dengan compiler TP7 menawarkan eksplorasi yang lebih jauh ketimbang BASIC.

Empat tahun kemudian terjadi bencana... Harddisk bagong gw ngadat! puluhan kode program yang sudah saya buat lenyap dalam sekejap. Rasanya dunia mau runtuh saat itu. Tapi gara-gara itu, saya dibelikan komputer baru (bekas sech), Pentium 133 dengan HDD 1Gig. Whoa, akhirnya saya mengenal Windows. Kesempatan bermain game! Saya sempat melupakan dunia programming gara-gara CM2 (Championship Manager 2). Siang malem mainnya ituuu mulu.

Suatu saat sepulang sekolah, saya mendapati diri saya berada di depan IDE Delphi setelah mendapatkan CD installernya dari teman (Indonesian typical, love bajakan he3x), gapapa deh, biar Indonesia rada maju anak2 mudanya. Tanpa bantuan cracker2 itu bagaimana kita mo belajar. Tapi kalo udah gede nanti dan punya banyak duit, janji deh ga beli bajakan lagi... nah mulai dari sini saya benar2 kecanduan ama yang namanya programming. Semuanya dilahap, selama dokumentasinya bukan bahasa Rusia...

No comments: